Untuk Sukses Jadilah Pemberani

22/04/2009 11:03

Manusia tercipta, untuk berjuang dan menentukan tujuan hidupnya sendiri. Allah membekali manusia dengan akal dan pikiran sangat berbeda dengan makhluk ciptaan Allah lainnya. Karena itu dalam hidup manusia harus punya tekad dan visi hidup, jika ia ingin berhasil. Strategi dan rencana harus dia buat untuk menapaki setiap waktu dalam dunia ini. Dalam Al Qur’an surat Ar Rad ayat 11 dikatakan “Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum, melainkan dirinya sendiri”. Jadi jelaslah makna yang tersirat dari ayat tersebut, bahwa Allah menghendaki kita sebagai ciptaanNya untuk berjuang dan berusaha dalam hidup. Dalam langkah-langkah juang itu kita harus memiliki sikap berani dan optimis. Berani dalam segala hal untuk meraih tujuan dari kesuksesan itu sendiri. Berani untuk bercita-cita dan bermimpi, berani untuk maju, berani untuk melangkahkan kaki, berani untuk bertarung dengan kejamnya dunia ini, berani bekerja keras, berani bersaing dengan para kompetiter kehidupan, berani menghadapi gejolak kehidupan, berani bertanggungjawab minimal terhadap diri sendiri. Mengiringi sikap berani adalah rasa motivasi dan optimis serta ilmu. Mereka yang berani tentu tidak hanya sekedar berani tapi mereka juga memiliki skill yang akan mengimbangi keberanian itu, jadi sikap berani akan dapat dipertanggungjawabkan.

Orang-orang yang berani juga akan mempedulikan kritikan dari sekitarnya, karena kritikan itu adalah bumbu untuk kesuksesan. Mereka tidak akan merasa terhina atau kesal dengan kritikan bahkan mereka akan selalu mencari kritikan yang akan semakin membuat mereka berkembang dan tumbuh. Itulah mereka orang-orang yang memiliki keberanian untuk sukses.

Lain halnya dengan orang-orang yang pengecut, mereka sama sekali tidak memiliki mimpi dan tujuan hidup. Mereka hanya akan terbang mengikuti arah angin, pasrah pada keadaan, pikiran mereka sempit, obsesi hidupnya sakit, hanya ada kata pesimis dalam hidup dan rasa takut plus kekhawatiran yang tak berlandaskan apapun. Bahkan untuk melangkah pun mereka punya segudang alasan yang akhirnya memperlambat gerak laju mereka atau mungkin tidak bergerak sama sekali karena mereka terkunci dengan rasa takut akan kegagalan sehingga tak ada sedikit pun niat untuk menjadi baik dan sukses. Itulah mereka-mereka yang tidak bisa memaknai hidup ini dengan sesuatu yang bernilai karena rasa optimisme mereka telah mati.

Kesuksesan bukanlah suatu hal yang instan diperoleh. Kesuksesan berawal dari mimpi-mimpi dan khayalan. Kesuksesan adalah hak bagi mereka yang optimis dan berilmu. Kesuksesan adalah hasil kerja keras. Kesuksesan adalah mereka yang berani berjuang dan berkorban. Kesuksesan adalah output yang mereka peroleh dari inputan orang-orang di sekelilingnya. Kesuksesan adalah ketekunan dan keikhlasan. Kesuksesan adalah sesuatu yang harus diwujudkan dengan tekad, motivasi, dan keberanian.

Orang-orang yang memiliki sikap-sikap tersebut adalah yang mereka yang selalu berharap berumur panjang karena dengan begitu mereka akan mengoptimalkan perjuangan mereka untuk menjadi berguna dan bermanfaat buat lingkungan dan orang lain. Cayooo… Semangat !!!

Karena Sukses adalah hasil dari Keberanian.

 

 

[Muslimah_Sulung]


—————

Back