Tren Terbaru Profesi Software Engineer

14/12/2009 20:43

Dalam dunia IT akan ada selalu sebuah perkembangan baru baik dari segi ilmunya juga dari segi pekerjaannya yang sangat menjanjikan, mungkin bisa jadi karena dipandang sebuah pekerjaan yang memiliki tantangan dan terlihat sangat profesional atau banyak juga yang bilang “keren”. Selain itu pula dari segi penghasilannya pun bisa di bilang memiliki sebuah prospek yang menjanjikan masa depan. Dan jalur IT ini pun cukup banyak memiliki cabang atau jalur pendidikannya untuk itu spesialisasi di bidang ini pun cukup memiliki banyak peluang. Di sini saya hanya akan membahas suatu profesi IT khususnya Computer Networking yang berprofesi sebagai Senior Network Engineer dan  Senior System Administrator, saya mengambil referensi tulisan ini dari Buku Panduan Karir Dunia Teknologi dan Informasi ditulis oleh Wiwit Siswoutomo dan diterbitkan oleh PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

 

1.1              Senior Network Engineer

Tugas dan tanggung jawab dari seorang Senior Network Engineer adalah mengelola proyek jaringan, merancang konfigurasi network untuk client dan mengimplementasikannya, membangun dan memelihara jaringan client, mengelola proses implementasi sistem jaringan, melakukan problem solving, menjadwalkan upgrading, bekerja sama erat dengan arsitektur jaringan, merunut budget expenses proyek, melatih staf untuk menggunakan jaringan, menganalisa komunikasi data yang diperlukan oleh customer dan membuat rekomendasi atas dasar analisa tersebut, mengkoordinasi implementasi solusi konektivitas antara customer dan departemen IT, membantu penyelesaian hal-hal yang berhubungan dengan komunikasi data dan kebutuhan pemeliharaan harian jika dibutuhkan, instalasi, testing, konfigurasi, dan troubleshooting pada Cisco Router dan Switch, mengelola LAN dan WAN, mengelola server, mengelola keamanan jaringan dan mengelola email korporat. Itulah beberapa Job deskription yang dimiliki oleh Senior Network Engineer.

Selain dari beberapa tanggungjawab itu seorang Senior Network Engineer juga harus memiliki bekal ilmu di bidangnya selain itu pula harus dapat bekerja dalam sebuah tim karena seorang Senio Network Engineer dituntut untuk mempunyai kemampuan komunikasi yang baik, mempunyai interpersonal yang baik, mempunyai kemampuan yang baik dalam perencanaan dan pengorganisasian, mempunyai kemampuan bekerja dengan multi task dan mampu membuat prioritas kerja, mempunyai perhatian yang kuat terhadap detail, tahan uji dan mempunyai inisiatif, dapat bekerja dengan efektif pada lingkungan profesional, outstanding, systematic troubleshooting skill, dapat bekerja erat dalam sebuah tim, bersedia untuk melakukan perjalanan.

 

 

1.2              Senior System Administrator

Seorang Senior System Administrator harus berpengalaman dalam dukungan, troubleshooting windows server OS platforms, bersertifikat MCSE, berpengalaman dengan UNIX/Linux system administration, memahami konsep complex real time system, memahami lingkungan networking dan mempunyai kemampuan memprogram pada bahasa administrasi.

 

Itulah dua di antara banyak lagi profesi IT yang sedang tren saat ini. 

—————

Back