Jadilah Seperti Lebah

25/02/2009 13:31

“Jadilah seperti lebah ia memakan yang baik dan menghasilkan yang baik. Bila ia hinggap di suatu ranting maka tidak menyebabkannya patah. Ia menyentuh sari makanan tapi tidak menyengat. Ia mengeluarkan madu tapi tidak menggigit. Ia terbang dengan cinta dan hinggap dengan kasih sayang. Ia memiliki suara yang membawa kegembiraan dan dengungan yang membawa keRidhoan. Ia laksana utusan dari Malaikat Langit yang turun dan hinggap dari alam yang kekal”.

 

 

 

J

adilah kita seorang muslim hendaknya seperti Lebah, yang selalu membawa manfaat dan kemashlahatan bagi umat. Muslim yang bersih dari berbagai macam kotoran dosa, dan selalu menghindari tempat-tempat maksiat.

Menjadi insan yang senantiasa berguna bagi lingkungan, selalu harum namanya dikenang, jika kita ada dalam komunitas itu maka kita membawa sebuah kehidupan baru yang sejahtera. Dan ketika diamanahkan maka dia dapat dipercaya, dapat membawa pada sebuah perubahan yang baik, dia juga adalah sosok insan yang produktif tidak memiliki sifat malas sedikit pun jiwanya selalu optimis dan penuh semangat.

Tapi tidak memiliki sedikit pun sifat sombong dan angkuh karena telah memiliki banyak kelebihan, tutur katanya sopan dan baik selalu menyenangkan orang di sekitarnya. Tidak juga berburuk sangka pada orang lain selalu berpikir positif dan senang sekali bekerja keras. Dia juga sangat peduli dengan kaumnya, ketika bahagia datang tak pernah lupa pada saudara-saudara dan teman-temannya, pasti semua orang yang ada di sekitarnya pun ikut merasakan kebahagian. Tapi ketika ujian datang mereka selalu saling berbagi semangat dan tolong menolong demi sebuah penyelesaian yang terbaik bagi semua.

Lebah juga tidak pernah menggangu insan lain kecuali jika dia terganggu lebih dahulu.

Lebah tidak pernah memulai menyerang. Ia akan menyerang hanya manakala merasa terganggu atau terancam. Dan untuk mempertahankan  “kehormatan” umat lebah itu, mereka rela mati dengan melepas sengatnya  di tubuh pihak yang diserang. Sikap seorang mukmin: musuh tidak dicari. Tapi jika ada, tidak lari.

—————

Back